Semarakkan Ramadhan, BAZNAS Dukung Masjid As- Shadaqah Lamlangang Gelar Gerai Z Ifthar Ramadhan 1445 H

Semarakkan Ramadhan, BAZNAS Dukung Masjid As- Shadaqah Lamlangang Gelar Gerai Z Ifthar Ramadhan 1445 H Diinput pada 18 Mar 2024  | 

Lampaseh Kota | Kamis, 14 Maret 2024 

BAZNAS mendukung penuh BKM Masjid As-Shadaqah dan Mitra Binaan BAZNAS dalam kegiatan Gerai Z Ifthar Ramadhan 1445 H yang diselenggarakan di halaman Masjid As-Shadaqah Lamlagang, Kecamatan Banda Raya, Kota Banda Aceh. 

Pembukaan Gerai Z-Ifthar Ramadhan ini ditandai dengan prosesi gunting pita oleh Ketua BAZNAS Daerah dalam hal ini Baitul Mal Kota (BMK) Banda Aceh, Bapak Surya Darma, S.Pd.I. didampingi oleh Bapak Muda Bahlia, SE, M.Si mewakili Bapak Kadis Koperasi UKM dan Perdagangan Kota Banda Aceh, Bapak Ikhfa selaku Keuchik Gampong Lamlagang, dan Bapak Ir. Husaini Syamaun, M.M sebagai ketua BKM Masjid As-Shadaqah. 

Dalam sambutannya Bapak Surya Darma, SPd.I menyampaikan, "Apresiasi setinggi-tingginya dan sangat berterima kasih kepada BKM Masjid As-Shadaqah yang ikut ambil bagian dalam gerak literasi Zakat sebagai pilar ekonomi berkelanjutan. Melalui kegiatan Gerai Ifthar ini kita mengajak masyarakat menyadari bahwa zakat tidak semata-mata diberikan khusus konsumtif saja dan seterusnya seperti itu. Namun bagaimana zakat ini bisa bermanfaat dalam meningkatkan perekonomian masyarakat." 

Di sisi lain, ketua BKM Masjid As-Shadaqah, Bapak Ir. Husaini Syamaun, M.M menyampaikan, "Kegiatan Gerai Z-Ifthar Ramadhan ini seperti pucuk dicinta ulam pun tiba. Dimana BKM Masjid As-Shadaqah berencana menyemarakkan Ramadhan tahun ini dengan kegiatan yang menghidupkan sendi perekonomian ummat terutama warga Lamlagang para pelaku usaha kuliner yang beberapa waktu lalu mengikuti Festival Kuliner yang diinisiasi BKM Masjid". Beliau juga menambahkan, "warga Lamlagang fan sekitarnya mari semarakkan Ramadhan dengan meramaikan Gerai Z-Ifthar ini. Terima kasih kepada BAZNAS RI yang telah mempercayakan kegiatan ini untuk kami laksanakan sebagai  syiar zakat bagi perekonomian ummat". 

Gerai Z-Ifthar Ramadhan yang mengambil tempat di halaman Masjid As-Shadaqah ini diikuti sebanyak 30 pelaku UMKM yang merupakan warga Lamlagang dan sebagiannya adalah mitra BAZNAS Microfinance Desa Lampaseh Kota. Aneka makanan minuman kuliner khas menu berbuka mulai dari mie caluk, pecel, gado-gado, abeka kolak, aneka gorengan, minuman segar, kue basah tradisional hingga kebab dan dimsum tersaji menggugah selera para pengunjung yang sejak sebelum acara pembukaan sudah datang  meramaikan Gerai.


Gerai Z Ifthar Ramadhan Baznas berlangsung selama 20 hari, terhitung mulai hari tanggal 14 Maret  sampai 02 April 2024. Dengan harapan  Gerai Z Ifthar Ramadhan di Masjid As-Shadaqah berjalan sukses dan berkah, tidak ada hambatan sehingga para pelaku UMKM dan  mitra binaan BAZNAS bisa meraup keuntungan untuk memenuhi kebutuhan Lebaran keluarga mereka.