Loader
4 Cara Menentukan Arah Kiblat, Kamu Bisa Coba!

4 Cara Menentukan Arah Kiblat, Kamu Bisa Coba!

Diinput pada 10 Mar 2021  |  Oleh Super Admin

Jakarta - Menghadap kiblat merupakan salah satu syarat sholat. Sulitkah kamu untuk menentukan arah kiblat? Begini caranya.

Kiblat merujuk pada arah yang dituju saat seorang Muslim mendirikan salat. Arah kiblat mengarah ke Kakbah yang terletak di Makkah, Arab Saudi.

Jika kamu berada di tempat baru, pasti akan mencari arah kiblat ketika ingin sholat. Bagaimana cara menentukannya? Berikut cara menentukan arah kiblat yang dapat kamu coba:

1. Menggunakan Aplikasi Smartphone

Di era digital ini, kamu dapat menentukan arah kiblat secara online. Ada banyak ragam aplikasi petunjuk arah kiblat yang dapat membantu kamu menentukan arah kiblat.

Di beberapa aplikasi tersebut biasanya juga terdapat panduan waktu sholat. Biasanya aplikasi di smartphone ini akan otomatis dapat mengubah arah kiblat sesuai tempat kita saat ini. Misalnya, ketika kamu berada di kawasan Jakarta Selatan maka lokasi akan berubah mengikuti posisimu saat ini. Mudah bukan?

2. Menggunakan Kompas

Menggunakan kompas merupakan cara ampuh yang sudah lama digunakan. Kamu hanya cukup memiliki kemampuan untuk membaca menggunakan kompas. Alat kompas ini dapat dibeli di pasaran, bahkan saat ini juga banyak kompas yang terpasang di sajadah. Kompas juga saat ini tersedia di ponselmu. Menggunakan kompas juga merupakan cara menentukan arah kiblat yang akurat.
 

Baca juga: Bandara Changi: Kelas Internasional, Ramah Wisatawan Muslim


3. Menggunakan Matahari

Menggunakan matahari merupakan cara manual untuk menentukan arah kiblat. Sudah sejak zaman nenek moyang kita menggunakan matahari sebagai alat navigasi. Matahari akan terbit di timur dan terbenam di barat. Sementara untuk di Indonesia arah kiblat berpatokan ke arah barat laut. Sehingga dengan seperti itu kita dapat mengetahui arah kiblat dengan menggunakan matahari.

4. Menggunakan Qibla Finder

Qibla finder merupakan salah satu fitur yang dimiliki Google untuk menentukan arah kiblat. Qibla finder ini dapat digunakan dengan menggunakan smartphone. Caranya, masukkan alamat situs qiblafinder.withgoogle.com di browser. Kamu tinggal mengikuti beberapa cara sesuai dengan petunjuk dan dapat melihat arah kiblat yang sesuai dengan posisi kamu saat ini.

Menentukan arah kiblat saat ini sudah cukup mudah. Kamu tetap bisa beribadah dengan khusyuk karena saat ini terdapat banyak cara yang bisa mempermudah kamu untuk menemukan arah kiblat. Jadi tidak ada alasan untuk tidak sholat karena tidak tahu arah kiblat ya! (nwy/fay)