Loader
Deretan Keutamaan Makkah & Madinah Disebutkan Dalam Al-Qur'an Dan Hadits  Baca Artikel Detikhikmah,

Deretan Keutamaan Makkah & Madinah Disebutkan Dalam Al-Qur'an Dan Hadits Baca Artikel Detikhikmah,

Diinput pada 11 Jun 2023  |  Oleh Super Admin

Makkah dan Madinah menjadi dua tempat yang dikunjungi oleh umat muslim ketika menjalani ibadah haji atau umroh. Banyak keutamaan kota Makkah dan Madinah yang disebutkan dalam Al-Qur'an maupun hadits Rasulullah SAW.
Nama Makkah berasal dari kata "imtakka', yang artinya mendesak atau mendorong. Menurut buku Mu'jam al-Buldan yang ditulis oleh Yaqut al-Hamawi, kota ini disebut Makkah karena manusia berdesakan di tempat tersebut.

Sementara Madinah yang memiliki nama lengkap al-Madīnah al-Munawwarah artinya adalah kota yang bercahaya atau kota yang cemerlang.

Makkah dan Madinah adalah dua kota suci bagi umat Islam. Di Makkah terdapat Kakbah, sementara di Madinah terdapat Masjid Nabawi. Dua tempat ini mendapat naungan Allah SWT dan juga dijaga oleh para malaikat.
 

Keutamaan Kota Makkah
Mengutip buku Misteri Mukjizat Makkah & Madinah oleh Namin Asimah Asizun, kota Makkah disebutkan dalam banyak dalil. Nama Makkah juga tercantum dalam beberapa ayat Al-Qur'an, serta disebutkan oleh Rasulullah SAW dalam haditsnya.

1. Tempat yang diberkahi
Sebagaimana termaktub dalam Al-Qur'an surat Ali 'Imran Ayat 96, Allah SWT berfirman:

إِنَّ أَوَّلَ بَيْتٍ وُضِعَ لِلنَّاسِ لَلَّذِى بِبَكَّةَ مُبَارَكًا وَهُدًى لِّلْعَٰلَمِينَ

Arab-Latin: Inna awwala baitiw wuḍi'a lin-nāsi lallażī bibakkata mubārakaw wa hudal lil-'ālamīn

Artinya: Sesungguhnya rumah yang mula-mula dibangun untuk (tempat beribadat) manusia, ialah Baitullah yang di Bakkah (Makkah) yang diberkahi dan menjadi petunjuk bagi semua manusia.

Secara geografis, kota Mekkah terletak sekitar 600 km sebelah selatan kota Madinah, kurang lebih 200 km sebelah timur laut kota Jeddah. Kota ini merupakan lembah sempit yang dikelilingi gunung-gunung, dengan bangunan Kakbah sebagai pusatnya. Ada dua gunung yang mengelilingi kota Makkah yakni Gunung Abu Qubais dan Gunung Qa'gaan.

2. Makkah adalah negeri yang terbaik dan paling dicintai Allah SWT
Rasulullah SAW bersabda sembari menghadapkan wajahnya ke Makkah, ketika beliau hendak hijrah ke Madinah:

"Demi Allah SWT, sesungguhnya engkau adalah negeri yang paling baik di sisi Allah dan negeri yang paling dicintai Allah SWT. Andaikan bukan karena pendudukmu yang mengusirku, aku tidak akan berpindah." (HR. Ad-Daruquthni)

3. Allah SWT melindungi Makkah
Makkah mendapat naungan dan perlindungan langsung dari Allah SWT. Sebagaimana Rasulullah SAW bersabda:

"Sesungguhnya, Allah SWT melindungi Makkah dari serangan gajah, serta Dia jadikan Rasul-Nya dan Orang Mukmin menguasainya ..." (HR. Al-Bukhari)

4. Dajjal tidak bisa masuk Makkah
Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak ada satu pun Negeri melainkan akan diinjak Dajjal, kecuali Makkah dan Madinah. Tidak satu pun lorong menuju kota tersebut, kecuali di sana terdapat para Malaikat yang berbaris, menjaga kota tersebut." (HR. Al-Bukhari)

5. Makkah tanah yang suci
Ketika berada di Makkah, maka di sinilah tempat yang suci. Ada beberapa larangan yang tidak boleh dilakukan ketika berada di Makkah.

Rasulullah SAW bersabda:

"Tidak boleh memburu hewan liarnya, tidak boleh mematahkan rantingnya, tidak Halal mengambil barang hilang, kecuali bagi orang yang hendak mengumumkannya (mengembalikannya)... (HR. Al-Bukhari)

Keutamaan Kota Madinah
Madinah merupakan Kota Suci kedua bagi umat Islam setelah Makkah. Jika Makkah disebut sebagai kota suci karena terdapat Masjidil Haram, yang mana Kakbah
merupakan simbolnya, maka Madinah juga disebut sebagai kota suci karena terdapat Masjid Nabawi, yang merupakan pusat kekuasaan Islam.

Pada masa pra-Islam, Madinah dikenal dengan nama Yatsrib. Kota ini menjadi tempat bertemunya keragaman penganut agama-agama, khususnya Yahudi dan Islam.
 

Berikut keutamaan Kota Madinah:

1. Anas r.a. mengatakan bahwa Rasulullah SAW bersabda:

"Madinah itu haram (tanah suci) dari ini sampai ini, tidak boleh dipotong (ditebang) pohonnya, dan tidak boleh dilakukan bid'ah di dalamnya. Barangsiapa yang membuat bid'ah (atau melindungi orang yang berbuat bid'ah) di dalamnya, maka ia terkena laknat Allah SWT, malaikat, dan manusia seluruhnya."

2. Abu Hurairah ra. berkata, "Seandainya saya melihat biawak memakan rumput di Madinah, niscaya saya tidak akan menghardiknya." Rasulullah SAW bersabda, "Apa yang ada di antara dua batu hitam (tanda pembatas) Madinah itu diharamkan lewat lisanku." (Dalam satu riwayat: "Apa yang ada di antara dua batu hitam Madinah adalah haram.") Abu Hurairah berkata, "Nabi mendatangi bani Haritsah, lalu beliau bersabda, "Saya kira kalian wahai bani Haritsah, telah keluar dari Tanah Haram." Kemudian beliau berpaling dan bersabda, "Namun, kalian masih ada di Tanah Haram."

Itulah beberapa keutamaan kota Makkah dan Madinah yang disebutkan dalam Al-Qur'an dan hadits. Dua kota ini merupakan tempat suci yang menjadi tujuan ibadah haji bagi seluruh umat muslim di dunia. MasyaAllah!
 

-->