Loader
Wisata Religi Masjid Al Jabbar Yang Viral

Wisata Religi Masjid Al Jabbar Yang Viral

Diinput pada 18 Jun 2023  |  Oleh Super Admin

Masjid Raya Al Jabbar di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, menjadi perhatian usai viral di media sosial karena kolam di tempat ibadah itu dijadikan tempat bermain anak-anak.
Akibat pengunjung yang membludak, banyak sampah berserakan di sekitar masjid yang baru diresmikan pada 30 Desember 2022 ini. Setelah diresmikan, Masjid Al Jabbar langsung banyak didatangi pengunjung .

Ada yang berkunjung untuk wisata religi, tapi ada pula yang karena penasaran ingin melihat kemegahan masjid yang diarsiteki oleh Ridwan Kamil ini. Peristiwa anak-anak bermain dan berenang di kolam Masjid Al Jabbar sendiri terjadi pada Minggu (1/1), di mana itu adalah momen liburan sehingga ramai pengunjung yang datang
 

"Bakal ada woro-woro pasukan agar tidak buang sampah sembarangan dan tidak main air di tempat yang bukan seharusnya. PKL (liar) ditertibkan, kampanye kebersihan dan lain-lain," tambah pria yang akrab disapa Kang Emil ini.

Masjid Al Jabbar kini merupakan ikon baru Kota Bandung. Tak heran banyak warga yang ingin melihat langsung rumah ibadah umat Muslim tersebut, mengingat Provinsi Jabar pun mayoritas penduduknya beragama Islam.

Masjid Al Jabbar berdiri kokoh di tengah kolam retensi, sehingga akan tampak seperti mengapung di atas danau ketika air kolam mencapai batas permukaan. Masjid ini juga dilengkapi empat buah menara dengan menara tertinggi memiliki tinggi mencapai 99 meter.

Ada museum seluas 11.238,20 meter persegi di lantai dasar masjid ini. Masjid Raya Al Jabbar sendiri memiliki total luas mencapai 21,799,20 meter persegi. Pembangunan masjid ini memakan biaya sekitar Rp1 triliun.

Wisata religi ke masjid ini akan membuat kamu terkesan, karena fasilitasnya. Masjid Al Jabbar memiliki beberapa fasilitas, antara lain plaza, selasar, ruang shalat mezzanine, dan ruang shalat utama.

"Paling mencuri perhatian adalah adanya museum Nabi, kemudian masyarakat juga dapat menikmati taman yang bisa dijadikan lokasi wisata religi. Belum ada yang seperti ini, baik eksterior maupun interior, karpet saja dari Turki," jelas Sekretaris Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jawa Barat, Iwan Suwanagiri.
 

Yang spesial dari tempat ini adalah, fasad Masjid Al Jabbar terbuat dari kaca yang tersusun menyerupai sisik ikan. Jumlah kaca yang dibutuhkan pun mencapai 6.136 lembar. Masjid ini didesain 99 x 99 meter tanpa tiang.

Luas area perencanaan Masjid Raya Al Jabbar sendiri mencapai 26 hektare dengan area tapak bangunan 2,9 hektare. Sedangkan luas area kolam atau danau, mencapai 6,930 hektare dan luas plaza, parkir, serta area hijau, mencapai 11,163 hektare.

Masjid ini bisa menampung sampai 33 ribu jemaah. Mengusung nama Al Jabbar yang berasal dari salah satu Asmaul Husna yang artinya Maha Perkasa, Ridwan Kamil berharap filosofi desain masjid ini bisa mengembalikan masa kejayaan Islam dalam ilmu pengetahuan.